PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN SOFTWARE GEOGEBRA PADA POKOK BAHASAN SPLDV (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Negeri Cirebon 1 Kota Cirebon)
Abstract
<p>Dalam proses pembelajaran diperlukan adanya suatu media yang dapat membantu dalam menyampaikan informasi dan juga mampu untuk memberikan stimulan pada peserta didik hingga mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan seksama<em>. </em>Media Pembelajaran adalah segala wahana atau alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang pembelajar untuk belajar. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable bebas (X) penggunaan <em>software GeoGebra, </em>dan untuk variable terikatnya (Y) adalah pemahaman siswa.</p><p>Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pemahaman siswa antara kelas yang menggunakan <em>software GeoGebra </em>dengan kelas yang tidak menggunakan <em>software Geogebra. </em>Serta untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan <em>software Geogebra.</em>Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sisiwa kelas VII MTs Negeri Cirebon 1 Kota Cirebon. Untuk teknik pengambilan samplenya dilakukan dengan teknik <em>random. </em>Didapat kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol.</p><p>Setelah data diperoleh data kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan chi-kuadrat dan juga dengan bantuan SPSS. Dan uji analisi data dengan menggunakan analisis uji non-parametrik dikarenakan data tersebut tidak berdistribusi dengan normal. Dari hasil penelitian didapat bahwa penggunaan <em>software GeoGebra </em>ini dapat meningkatkan pemahaman siswa. Terbukti dari hasil rata-rata hitung antara kelas ekperimen dan kelas kontrol, rata-rata kelas eksperimen yaitu 51.4773. Lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 40.2841.Sedangkan dari nilai uji <em>Mann-Whitney U</em>, dapat dilihat pada output “<em>Test Statisticb</em>” nilai test statistik Asymp sig.(2-tailed) adalah 0,03 < 0,05. Karena itu hasil ujinya signifikan secara statistik, dengan demikian Hipotesis null (H0) ditolak, dimana terdapat perbedaan distribusi skor antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.</p><p>Sesuai dengan hipotesis statistik jika Hipotesis null (H0) ditolak maka terdapat perbandingan pemahaman siswa antara yang menggunakan <em>s</em><em>oftware GeoGebra </em>dengan yang tidak menggunakan <em>software GeoGebra, </em>dilihat dari hasil test penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pemahaman yang cukup signifikan antara kelas yang diberi perlakuan (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak diberi perlakuan (kelas kontrol).</p><p> </p><strong><span style="text-decoration: underline;">Kata Kunci </span></strong><span style="text-decoration: underline;">: <em>penggunana Software GeoGebra, Pemahaman siswa, </em></span>