PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI DIMENSI TIGA DI MAN KALIMUKTI KEC. PABEDILAN KAB. CIREBON
Abstract
<p><br />Dalam proses pembelajaran pemilihan metode merupakan hal yang sangat penting, untuk<br />mencapai tujuan yang diinginkan agar dalam proses belajar mengajar dapat efektif, maka <br />seorang guru harus dapat menentukan metode<br />mengajar yang tepat sesuai dengan <br />materi yang diajarkan dalam proses<br />pembelajaran matematika, diperlukan metode yang<br />melibatkan keaktifan siswa diantaranya metode diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan <br />untuk mengkaji data tentang penggunaakan metode diskusi kelompok pada pembelajaran<br />matematika di kelas XA MAN Kalimukti dan untuk mengetahui tentang prestasi belajar siswa<br />dalam bidang studi matematika pada pokok bahasan geometri dimensi tiga.<br />Metode yang <br />digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan<br />pendekatan empirik, pengalaman<br />yang sedang berlangsung di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah <br />melalui angket dan tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kalimukti<br />Kecamatan Pabedilan <br />Kabupaten Cirebon dengan jumlah murid 35 siswa. Untuk teknis analisis datanya, dalam<br />analisis data hasil tes dengan uji validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran<br />tiap butir soal.Untuk mengkaji data pertama peneliti melakukan penyebaran angket guna<br />mengukur seberapa besar respon siswa dan yang kedua melakukan uji prestasi belajarsiswa <br />dengan tes, yang selanjutnya di analisis prasarat data setelah itu di analisis data<br />menggunakan uji korelasi, uji regresi dan uji koefesien regresi (uji t).<br />Hasil penelitian ini <br />menunjukkan bahwa hasil respon melalui angket menunjukkan pada umumnya <br />pernyataan metode diskusi kelompok ternyata dapat <br />menimbulkan rasa senang, ketertarikan, mengerti arti kerjasama dan ketidak bosanan serta<br />lebih termotivasi lagi untuk memahami konsep materi dalam pembelajaran pokok bahasan<br />geometri dimensi tiga. didapat kebanyakan siswa yang menyatakan Y sebanyak 77% KK <br />sebanyak 21% T sebanyak 2% pada pernyataan positif sedangkan untuk pernyataan<br />negatif Y sebanyak 5% KK sebanyak 21% dan T sebanyak 74%. Untuk hasil prestasi belajar <br />siswa dengan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dikategorikan baik<br />(tinggi) karena dilihat rata-rata tes prestasi belajar siswa yaitu sebesar 75.14. (>65) <br />lebih besar dari 65 sebagai batas minimal nilai matematika di MAN Kalimukti. Adapun <br />hubungan antara metode diskusi kelompok dengan prestasi belajar siswa di dapat melalui<br />perhitungan SPSS versi 16 yaitu 0.954 yang mendekati 1, artinya terdapat hubungan yang<br />signifikan dan P-value 0,000. Karena P-value < 0,05 dengan dapat disimpulkan terdapat<br />hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Sedangkan pengaruhnya di dapat dalam<br />hasil perhitungan melalui SPSS versi 16 yaitu dengan α = 5% : 2 = 2.5 % (uji 2 sisi)<br />(signifikansi = 0.025) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 2.037 nilai t hitung > t tabel (18.<br />370 > 2.037) artinya Ho ditolak, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara metode<br />diskusi kelompok dan prestasi belajar siswa.<br />Kata kunci:<br /> diskusi kelompok, prestasi belajar</p>