PENGARUH PENGUASAAN TEOREMA PYTHAGORAS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII SMPN 1 LEUWIMUNDING

Abstract

<p>Matematika merupakan cabang mata pelajaran yang luas cakupannya dan bukan hanya <br />sekedar bisa berhitung atau memasukan rumus saja tetapi mencakup beberapa kompetensi <br />yang menjadikan siswa tersebut dapat memahami dan mengerti tentang konsep dasar <br />matematika. Materi-materi dalam pelajaran matematika ini saling menunjang satu sama<br />lainnya, sehingga siswa dapat dengan<br />mudah memahami suatu materi jika memahami materi<br />sebelumnya. Misalnya, secara teori adanya suatu yang berkaiatan antara materi teorema<br />Pythagoras dan materi garis singgung lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk<br />mengkaji kemampuan siswa kelas VIII SMPN 1 Leuwimunding dalam penguasaan konsep<br />teorema Pythagoras dan kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran <br />serta untuk mengkaji seberapa besar pengaruh penguasaan teorema Pythagoras terhadap <br />kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran. Dalam<br />mempelajari materi garis singgung lingkaran, siswa membutuhkan materi dasar yang dapat<br />menopang dan memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut. Teorema Pythagoras<br />merupakan salah satu materi dasar yang<br />sangat erat kaitannya dengan materi garis <br />singgung lingkaran. Sehingga kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung<br />lingkaran siswa akan sangat dipengaruhi oleh penguasaan siswa tentang materi teorema<br />Pythagoras.<br />Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Populasi dalam<br />penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding.<br />Adapun<br />pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang kemudian <br />diperoleh kelas VIII H sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat dua<br />variabel, yaitu penguasaan teorema Pythagoras sebagai variabel bebas dan kemampuan<br />menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran sebagai variabel terikat. Hasil penelitian<br />menunjukan bahwa penguasaan teorema Pythagoras kelas sampel SMP Negeri 1<br />Leuwimunding sedang dengan nilai rata-rata tes sebesar 50,71. Sedangkan kemampuan<br />menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran sangat rendah dengan perolehan nilai ratarata</p><p>48,45.<br />Terdapat<br />pengaruh<br />yang<br />signifikan</p><p>antara penguasaan teorema Pythagoras <br />terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran dengan perolehan <br />t<br />hitung<br /> &gt; t<br />atau 8,382 &gt; 2,021. Atau dengan melihat tabel koefisien dari hasil perhitungan<br />SPSS diperoleh nilai Sig. (0,000) &lt;<br />α (0,05). Besarnya pengaruh penguasaan teorema<br />Pythagoras terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung<br />lingkaran sebesar 63,6%, yang ditunjukan oleh besarnya koefisien determinasi. Berdasarkan<br />penelitian tersebut diperoleh bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penguasaan<br />teorema Pythagoras dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal garis singgung lingkaran.<br />Atau dengan kata lain, penguasaan teorema<br />Pythagoras mempunyai pengaruh yang<br />signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal garis singgung<br />lingkaran.<br />Kata Kunci: Teorema Pythagoras, Garis singgung lingkaran <br />tabel</p><p> </p>