PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (Di SMP Nurul Halim Widasari Kabupaten Indramayu)

Abstract

<p><br />Di dalam proses pembelajaran matematika, siswa sangat dilibatkan sehingga perubahan tingkah laku siswa<br />diarahkan pada peningkatan kemampuan dalam mempelajari matematika. Mempelajari matematika harus<br />teratur dan memperhatikan hubungan keterkaitan dengan materi yang mendasari serta harus memperhatikan<br />kemampuan sebagai individu sehingga penyajian ide atau konsep matematika yang baru didasarkan pada<br />pengalaman sebelumnya.. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian untuk<br />mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap prestasi belajar<br />matematika. Selain itu untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team<br />pada pelajaran matematika; dan untuk prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang<br />sisi datar. Penerapan teknik belajar aktif cenderung meminimalkan persoalan pengelolaan kelas yang acapkali<br />menyulitkan guru yang terlalu mengandalkan metode ceramah dan diskusi kelompok besar atau diskusi kelas.<br />Dalam konteks penelitian ini, yang menjadi populasi adalah Siswa kelas VIII SMP Nurul Halim tahun pelajaran<br />2010 / 2011, Sampel diambil dari populasi dengan purposive sampling. Dengan pertimbangan peneliti, maka<br />yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B. Sebelum menganalisis data, dilakukan terlebih<br />dahulu uji prasyarat analisis yaitu dengan menguji normalitas, dilanjutkan dengan uji independent dan<br />kelinieran regresi, uji koefisien korelasi dan yang terakhir uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa<br />penerapan pembelajarn aktif tipe quiz team mendapat respon kategori sedang yaitu sebesar (53,33%) dari<br />siswa. Dari hasil tes prestasi belajar matematika diperoleh nilai rata – rata yaitu 71,67 dan nilai tersebut<br />diatas KKM yaitu sebesar 65. Selain itu dari hasil pengujian statistik diperoleh persamaan regresi = 18.905 +<br />0.792 x. Persamaan tersebut mengandung arti bahwa prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun<br />ruang sisi datar bertambah atau meningkat dengan 0,792 kali penerapan pembelajaran aktif. Besar pengaruh<br />ditunjukan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar = 61,8 %, Hal ini berarti 61,8 % prestasi belajar siswa<br />pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team, sedangkan sisanya yaitu<br />sebesar 38,2 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai<br /> lebih kecil dari σ<br />yang digunakan yaitu (0.01) atau 0.000 &lt; 0.01, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh<br />antara penerapan pembelajaran aktif tipe quiz team terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan<br />bangun ruang sisi datar. <br /> <br />Kata Kunci : Quiz, Bangun Ruang</p>