PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA PEMBAHASAN DIMENSI TIGA

Abstract

<p><br />Kegiatan belajar tidak terlepas dari adanya interaksi antara komponen-<br />komponen di dalamnya, misalnya interaksi antara guru dengan siswa atau siswa <br />dengan lingkungan sekitarnya. Keberhasilan guru memberikan materi pelajaran <br />dalam proses kegiatan belajar siswa sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi <br />komunikasi antara guru dengan siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya <br />perantara/media. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan adalah <br />media audio visual, Penggunaan media ini diharapkan memperlancar proses <br />pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan hasil belajar siswa yang baik dan lebih <br />optimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji pengaruh penggunaan media audio visual<br />terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pada pembahasan dimensi tiga.<br />(2) mengkaji hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual pada pembahasan<br />dimensi tiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik <br />dokumentasi, observasi, angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh <br />siswa kelas X MAAI Mertapada Kabupaten Cirebon yang berjumlah 118 siswa <br />dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas XA yang diambil secara cluster <br />sampling. Variabel penelitian adalah penggunaan media belajar audio visual dan <br />hasil belajar siswa. Data hasil angket sebagai variabel X yaitu dan data hasil tes <br />sebagai variabel Y. kemudian diujikan secara analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian<br />diperoleh kesimpulan bahwa nilai rata-rata hasil angket <br />penggunaan media belajar audio visual siswa sebesar 69,00 sedangkan nilai rata-rata <br />hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada pembahasan dimensi tiga sebesar<br />62,20. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan = 0,05, diperoleh bahwa ada pengaruh<br />penggunaan media belajar audio visual terhadap hasil belajar siswa mata <br />pelajaran matematika pada pembahasan dimensi tiga dengan koefisien determinasi <br />sebesar 72,25%. Ini berarti besarnya informasi hasil belajar siswa pada mata <br />pelajaran matematika pada pembahasan dimensi tiga yang menggunakan media <br />belajar audio visual sebesar 72,25%, sedangkan sisanya 27,75% disebabkan oleh <br />faktor lain.<br /> <br />Kata kunci: media audio visual, hasil belajar.</p>