PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA di MTs.SALAFIYAH KOTA CIREBON

Abstract

<p><br />Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian aktivitas guru dan siswa.<br />Keaktivan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara guru dengan siswa<br />ataupun dengan siswa itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan suasana kelas menjadi segar dan kondusif,<br />dimana masing - masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Penelitian ini dilakukan<br />karena pentingnya aktivitas belajar itu sendiri dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa selama mengikuti<br />pembelajaran, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, penguasaan materi serta prestasi belajar siswa. <br />Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, tingkat<br />pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal dan untuk mengetahui seberapa besar<br />pengaruh aktivitas belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII MTs Salafiyah Kota<br />Cirebon. <br />Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar merupakan segala aktivitas yang bersifat fisik<br />maupun mental. Ketika siswa dapat menyeimbangkan kedua aktivitas ini dalam pembelajarannya maka siswa<br />itu akan mendapatkan hasil belajar yang optimal. <br />Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode<br />penelitiannya menggunakan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan data populasi yakni<br />seluruh kelas VII MTs Salafiyah kota Cirebon. Variabel penelitiannya berupa aktivitas belajar dan pemahaman<br />konsep matematika siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Setelah<br />data diperoleh, kemudian dilakukan analisis data.berupa uji validitas, reliabilitas, daya beda dan indeks<br />kesukaran dengan menggunakan software ANATES. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat, uji korelasi, uji<br />kelinieran regresi, koefesien determinan serta uji hipotesis dengan menggunakan PASW 18. <br />Dari hasil penelitian yang diperoleh dari lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar tergolong<br />sedang dengan skor rata-rata 64.55 dan hasil tes pemahaman konsep matematika siswa juga tergolong sedang<br />dengan skor rata-rata 65,925. Hasil penelitian jga menunjukkan bahwa aktivitas belajar berpengaruh positif<br />terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini ditunjukan dengan analisis regresi, sehingga diperoleh<br />persamaan regresi<br /> =2.536+0.982 . Nilai koefisien korelasinya adalah 0,924 yang menunjukkan tingkat<br />korelasi yang tinggi. Dan untuk koeffisien determinasinya adalah 85.4% yang berarti bahwa pengaruh aktivitas<br />belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa sebesar 85.4%, sedangkan sisanya 14,6% dipengaruhi<br />oleh faktor lain selain aktivitas belajar. <br /> <br />Kata Kunci : Keaktifan, Interaksi</p><p> </p>