PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PERSAMAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (Studi Eksperimen Terhadap Siswa kelas VII MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka)

Abstract

<p><br />Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan<br />merupakan bagian integral dari pendidikan nasional dan tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan ilmu<br />pengetahuan lainnya. Rendahnya minat belajar matematika siswa, mengakibatkan aktivitas dalam kegiatan belajar<br />siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas belum seperti yang kita harapkan. Kegiatan siswa yang<br />memperhatikan pelajaran yang diterangkan oleh guru masih sedikit, sehingga materi pelajaran yang disampaikan<br />kurang dipahami siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan media adalah salah satu alternatif yang bisa<br />digunakan agar konsep-konsep matematika bisa lebih dipahami oleh siswa. Salah satu bentuk media yang dapat<br />digunakan adalah alat peraga kartu persamaan. Tujuan dari<br />penelitian ini adalah : pertama, ingin mengetahui seberapa besar respon siswa dalam penggunaan alat peraga kartu<br />persamaan dalam pembelajaran matematika. Kedua, ingin mengetahui seberapa besar prestasi belajar matematika<br />siswa di kelas VII MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka. Ketiga, ingin mengetahui adakah pengaruh<br />penggunaan alat peraga kartu persamaan terhadap prestasi belajar matematika siswa. <br />Alat peraga kartu persamaan adalah suatu bentuk alat peraga matematika yang berkonsep dasar pada Persamaan<br />Linear Satu Variabel. Alat peraga ini mudah didapatkan dan dibuat bersama-sama siswa, karena bahan dasarnya<br />terbuat dari kertas lipat. Alat peraga ini juga bermanfaat untuk membantu mempermudah menyelesaikan persamaan<br />linear satu variabel. <br />Dalam penelitian ini, terdapat 2 variabel yaitu penggunaan alat peraga kartu persamaan sebagai variabel bebas (X)<br />dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII<br />MTs Darul Falah Cijati Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 142 siswa. Sampel yang<br />dipilih adalah 1 kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Pengumpulan data<br />menggunakan angket dan tes.<br />Pada umumnya siswa menyatakan setuju pembelajaran matematika menggunakan alat peraga kartu persamaan di<br />kelas VII MTs Darul Falah Cijati Kab. Majalengka. Hal ini dapat dilihat dari respon siswa dilihat dari hasil angket<br />bahwa sebanyak 77,1% siswa memberikan respon tinggi dan 22,9% siswa memberikan respon rendah. Berdasarkan uji<br />statistik didapat bahwa thitung &gt; ttabel yaitu 6,704 &gt; 2,035 yang berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan<br />hipotesis a (Ha) diterima.<br />Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan <br /> <br />Kata Kunci : kartu persamaan, PLSV</p><p> </p>