[Window Title] DAEMON Tools Shell Extensions Helper [Main Instruction] DAEMON Tools Shell Extensions Helper has stopped working [Content] Windows is checking for a solution to the problem... [Cancel]

Abstract

<p><br />Permasalahan pada penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika di SMP/MTs pada umumnya masih banyak<br />yang menggunakan cara konvensional seperti ekspositori, driil, demonstrasi dan ceramah. Kebanyakan guru dalam<br />kegiatan pembelajarannya dimulai dengan ceramah, menerangkan pokok materi, memberikan contoh cara<br />menyelesaikan soal dan memberikan tugas rumah. Pembelajaran seperti ini masih ada kelemahan, terutama pada<br />pokok-pokok bahasan yang memerlukan media atau alat peraga.<br />Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui data tentang penggunaan alat peraga model Pythagoras pada pokok<br />bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican Kabupaten Ciamis, untuk mengetahui data<br />tentang kemampuan matematika siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican<br />Kabupaten Ciamis dan untuk mengatahui data tentang pengaruh penggunaan alat peraga model Pythagoras terhadap<br />kemampuan matematika siswa pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII di SMP Negeri 4 Pamarican<br />Kabupaten Ciamis.<br />Salah satu komponen untuk meningkatkan pembelajaran adalah dengan menggunakan media alat peraga.<br />Bagaimanapun juga media alat peraga memegang peranan penting dalam proses pembelajaran terutama pada<br />pelajaran matematika dimana media alat peraga matematika dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan<br />matematika siswa.<br />Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui<br />angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican tahun<br />pelajaran 2010/2011 sebanyak empat kelas dan berjumlah 180 siswa, yang masing-masing kelas berjumlah 45 siswa<br />terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.<br />Berdasarkan analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga model Pythagoras sebesar<br />61.1% dengan kategori baik terletak pada rentang 55% - 74%, kemampuan rata-rata matematika siswa pada pokok<br />bahasan teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 4 Pamarican Kabupaten Ciamis sebesar 77.00. dan pengaruh<br />sebesar nilai z = -6.559 dan Sig. 0,000 &lt; 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.<br />Artinya terdapat pengaruh penggunaan alat peraga model Pythagoras terhadap kemampuan matematika siswa pada<br />pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII di SMP Negeri 4 Pamarican Kabupaten Ciamis. <br /> <br />Kata Kunci : Pythagoras</p>