PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN JENIS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BE-LAJAR SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kadugede)

Abstract

<p><br />Perubahan model evaluasi tidak otomatis mengubah wajah pembelajaran yang di dalam kelas, tetapi paling tidak akan<br />sangat mempengaruhi suasana pem-belajaran. Sistem evaluasi merupakan komponen penting dalam proses belajar<br />mengajar di kelas. Salah satu model evaluasi yang sedang berkembang dan efektif, memiliki banyak manfaat baik bagi<br />guru maupun siswa adalah model penilaian jenis portofolio. Evaluasi yang dilakukan oleh guru kurang valid dan<br />reliable, as-pek yang dinilai oleh guru kurang lengkap, serta adminstrasi guru dalam bidang penilaian juga sering tidak<br />lengkap. Model penilaian yang diharapakan mampu mengungkap dan menilai peserta didik lebih akurat dan lebih<br />lengkap didasarkan pada bukti (dokumen) yang dipunyai oleh masing-masing siswa. <br />Penilaian portofolio adalah suatu penilaian yang bertujuan mengukur se-jauh mana kemampuan siswa dalam<br />mengkontruksi dan merefleksi suatu peker-jaan atau tugas atau karya dengan mengoleksi atau mengumpulkan bahanbahan</p><p>yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dikontruksi oleh siswa, sehingga hasil kontruksi tersebut dapat<br />dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode ter-tentu. Jadi penilaian portofolio merupakan suatu pendekatan dalam<br />penilaian ki-nerja siswa atau digunakan untuk menilai kinerja. <br />Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penilaian jenis portofolio, prestasi belajar siswa<br />ditinjau dari jenis kelamin dan pengaruh penerapan penilaian jenis portofolio pada pembalajaran matematika ter-hadap<br />prestasi belajar ditinjau dari jenis kelamin. <br />Pendekatan ini menggunaan pendekatan kuantitatif yaitu adakah pengaruh penerapan penilaian jenis portofolio pada<br />pembelajaran matematika terhadap pres-tasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin di MTs Negeri Kadugede. Adapun<br />teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan angket. Kemu-daian dianalisis dengan uji normalitas,<br />uji homogenitas dan menggunakan anova dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian belajar menggunakan<br />penilaian jenis portofolio pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs Negeri Kedugede. Setelah di uji<br />menggunakan anova dua jalur ternyata memiliki perbe-daan prestasi belajar siswa antara portofolio dokumentasi,<br />portofolio penampilan dan portofolio proses berdasarkan jenis kelamin karena memiliki nilai F hitung sebesar 0,963<br />dengan signifikannya 0,385. Dalam uji multiple comparisons me-nunjukan portofolio penampilan perempuan yang<br />paling bagus dengan nilai mean 80,412 dengan nilai 75,850 sampai 84,974. Tidak terdapat perbedaan prestasi bela-jar<br />dilihat dari jenis kelamin karena Fhitung&lt;Ftabel yaitu 1,98&lt;3,96 maka hipotesis ditolak, terdapat perbedaan prestasi<br />belajar berdasarkan jenis portofolio Fhi-tung&gt;Ftabel yaitu 15,318&gt;3,96 maka hipotesis diterima. Tidak terdapat<br />pengaruh an-tara jenis portofolio dalam meningkatkan prestasi matematika ditinjau dari jenis kelamin yaitu<br />Fhitung&lt;Ftabel atau 0,963&lt;3,96 maka hipotesis ditolak.</p><p>Kata Kunci : Portofolio, system evaluasi</p>