Hubungan Religiusitas dengan Sikap Siswa terhadap Perilaku Prososial
Abstract
<span lang="IN">Menipisnya perilaku prososial siswa adalah salah satu masalah yang terkait dengan bagaimana siswa memahami tentang perilaku prososial, apa yang mereka rasakan ketika mereka melihat kesulitan orang lain dan kecenderungan apa yang akan muncul ketika akan bersikap prososial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara religiusitas</span><span lang="IN">dengan sikap siswa terhadap perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe deskriptif korelasional. Populasi adalah 322 siswa dan sampel adalah 62 siswa yang dipilih dengan teknik propotionate stratified random sampling. Instrumennya adalah religiusitas dan sikap siswa terhadap skala perilaku prososial. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa</span><span lang="IN">ada hubungan yang positif dan signifikan antara religiusitas dengan</span><span lang="EN-US"> s</span><span lang="IN">ikap</span><span lang="EN-US"> siswa</span><span lang="IN"> terhadap perilaku prososial</span><span lang="EN-US">. </span><span lang="IN">Implikasi dari penelitian ini dapat dibuat sebagai penilaian kebutuhan siswa untuk menciptakan materi layanan bimbingan dan konseling</span>