IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 16 MEDAN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaranyang dilakkan guru PAI di SMP negeri 16 Medan? 2) Bagaimanapelaksanaan pembelajaran PAI berbasis lingkungan sekolah yangdilaksanakan di SMP Negeri 16 Medan? 3) Bagaimana hasil belajar siswapada mata pelajaran PAI berbasis lingkungan skeolah di SMP Negeri 16Medan? 4) Apa perubahan positif pada lingkungan sekolah setelahpelaksanaan pemeblajaran PAI berbasis lingkungan skeolah di SMP Negri16 Medan?. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitupenelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan penelitisebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adlah guru PAI,kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 16 Medan. Data diambil melaluiobservasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkanreduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitinini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran yangdilakukan oleh guru PAI sesuai dengan standar kurikulum. Guru PAImenyusun rencana pembelajaran berdasarkan visi dan misi sekolah,standar kompetensi, dan juga disusun berdasarkan pola pembelajaranyang menarik dan inovatif. 2) Pelaksanaan pembelajaran yangberlangusng menarik dan menyenangkan. siswa menunjukkan sikapantusias terhadap pembelajaran PAI yang dilaksanakan oleh guru. 3)Hasil belajar siswa meningkat setelah selesai pembelajaran PAI, dimanasiswa dapat mengerjakan PR yang diberikan guru, UTS yang diberikanguru, dan UAS. Dimana siswa memperoleh nilai di atas KKM. 3)Peribahan yang terjadi di SMP Negeri 16 Medan adalah peribahan positif,dimana lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan rapi. Aktivitaswarga sekolah menjadi lebih positif, dan senang dalam melestarikanlingkungan, hemat menggunakan air, dan memanfaatkan sumber dayadalam membuat lingkungan semakin indah.