Kompetensi Qira’ah Naskah Arab Pada Mahasiswa Non Pesantren di Program Studi Bahasa dan Sastra Arab

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memetakan kompetensi qiraah mahasiswa non pesantren di Program studi Bahasa dan Sastra Arab dalam membaca naskah Arab? Bagaimana pula skor kompetensi mahasiswa non pesantren tersebut dalam membaca naskah Arab? Permasalahan ini akan peneliti bahas dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berangkat dari teori ke lapangan kemudian kembali ke teori untuk diuji kebenarannya.Adapun sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik penarikan purposive sampling. Teknik penarikan sampel ini dipilih berdasarkan karakteristik penelitian, yaitu mahasiswa non pesantren pada program studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan membaca teks bahasa Arab pada tahap penyimpulan teks mahasiswa lulusan non pesantren masuk dalam kategori rendah. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh pengalaman dan latar belakang sekolah mahasiswa tersebut sebelum masuk ke perguruan tinggi Islam. Latar belakang dan pengalaman ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin studi lanjut ke perguruan tinggi pada program studi bahasa dan sastra Arab, agar bisa mengikuti proses belajar mengajar secara cepat dan lulusan yang berkualitas. Kemudian perolehan skor kemampuan membaca teks bahasa Arab pada tahap menyimpulkan teks pada tes pertama skor terendah adalah 10, skor terendah pada tes kedua adalah 20. Kemudian skor rata-rata pada tes pertama adalah 55,6 dan pada tes kedua 46,5. Skor nilai tengah pada tes pertama adalah 60, dan pada tes kedua 45. Skor nilai paling banyak pada tes pertama adalah 40,50, dan 60, dan pada tes kedua 30,40,50.