Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis EMC (Education Mini Club) sebagai Solusi Menghadapi Tantangan Pendidikan dI Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan menggunakan metode Education Mini Club (EMC) sebagai solusi dalam menghadapi tantangan pendidikan diera revolusi 4.0 penelitian ini di lakukan karena adanya proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan keadaan siswa yang tidak suka dengan metode pembelajaran yang monoton.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi lapangan yang artinya pengamatan secara langsung dilapangan. Pelaksanaan pengamatan yang dilakukan di MTs Nu Ibtidaul Falah yang mendapatkan analisis data adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Education Mini Club (EMC) data tersebut di dapat dari hasil nilai pree test ( sebelum di terapkan nya medode Educatin Mini Club (EMC) di bandingkan dengan nilai setelah di terapkanya metode EMC ini hasil nilai yang diperoleh lebih bagus setelah di terapkannya metode EMC. Sebelum di terapkannya ada beberapa siswa yang belum mncapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang di tetapkan pihak sekolah setelah di terapakan metode EMC ini siswa semua telah mencapai KKM.