PENGARUH BULETIN FISIKA BERBENTUK BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 2 BIMA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 BIMA pada hukum newton tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experiment researcha dengan metode control grup design subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MAN 2 BIMA.Sampel dalam penelitian di ambilsecara purposive sampling dengan kelas XA sebagai kelasd eksperimen yang berjumlah 28 orang siswa dan kelas XB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang siswa.Instrumen yang di gunakan berupa tes yangtelah di uji kelayakanya. hal ini bisa di lihat dari rata-rata kelas experiment pre-test yaitu 61 dan post-test yaitu 82,sedangkan kelas kontrol hasil belajar nilai rata-rata pre-test yaitu 61 dan post-test yaitu 73.Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunkan rumus uji-tes, maka diperoleh sebesar 3,630 sedangkan nilai pada taraf signifikan 5% dengan dk = + - 2 = 28 + 28 – 2 = 54 diperoleh harga sebesar 2,175. Jadi dari hasil perhitungan dapat disimpulkan , maka dapat dikatakan hipotesis (Ha) diterima.sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa menggunakan buletin fisika berbentuk buku saku materi hukum newton pada siswa kelas X di MAN 2 BIMA tahun pelajaran 2018/2019.