KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN (kajian Tafsir Surat Luqma>n ayat 12-19)
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan masalah urgen. Banyak bukubuku, artikel, makalah yang telah membahas pendidikan akhlak. Mereka melihat dari sudut yang berbeda-beda. Konsep yang mereka tawarkan pun berbeda-beda. ada konsep hanya sebatas materi, ada yang hanya sebatas metode saja. Penelitian ini mengkaji konsep pendidikan akhlak dalam al-Qur‟an. Penelitian ini fokus pada surat Luqma>n ayat 12-19, yang tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam surat Luqma>n ayat 12-19?. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa sumber-sumber penelitian berupa al-Qur‟an dan buku-buku tafsir, serta buku-buku yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan tafsir tematik (maud}u‟i). Dalam menganalisa data penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah bahwa Akhlak merupakan bagian pendidikan Islam. Banyak konsep pendidikan akhlak yang ditawarkan, yaitu; tauhid (akhlak kepada Allah) ayat 13, birul walidain (akhlak kepada keluarga) ayat 14-15, ibadah (akhlak kepada diri sendiri) ayat 16-17, dan mu,amalah (akhlak kepada sesama) ayat 18-19.