PROPESIONALISME DOSEN DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH IAIN AMBON

Abstract

Fokus yang dijadikan variable penelitian ini adalah kompetensi profesionalisme dosen sebagai independent variable (X) dan prestasi belajar mahasiswa sebagai dependent variable (Y) semester IV dan VI di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dengan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk melihat hubungan antara kompetensi profesionalisme dosen dan prestasi belajar mahasiswa. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Mendeskripsikan komptensi profesionalisme dosen, dan (2).Menggambarkan prestasi belajar mahasiswa, dan (3).Apakah ada hubungan antara kompetensi profesionalisme dosen dan prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan dan kajian mengenai elemen-elemen profesionalisme dosen dan relevansinya dengan pencapaian prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon serta dapat mcnjadi sumber yang signifikan dalam memasok informasi dan rekomendasi yang bermanfaat bagi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon dan instansi terkait dalam mcnetapkan kebijakan rekrutmen dan pola pembinaan dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1). Kompetensi profesionalisme dosen dalam melakukan proses pembelajaran di Jurusan Pendidikan Agama Islam terkategori “cukup”, (2). Prestasi belajar mahasiswa semester IV dan VI di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon pada tahun akademik 2008 – 2009 memperlihatkat kategori “sedang”, dan (3). Ada hubungan antara kompetensi profesionalisme dosen dengan prestasi belajar mahasiswa semester IV dan VI tahun akademik 2008 – 2009 dalam melakukan proses pembelajaran di Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Ambon