PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Terhadap Perilaku Mahasiswa Multi Etnis IAIN Ambon)

Abstract

Identitassuku, budaya, dan bahasa tidak dijadikan sebagai instrumen persatuan ke berbagai bangsa, malah sebagai alasan untuk saling bermusuhan, kesadaran multikulturalisme pada level mahasiswa belum tampak pada pemikirannya. Kampus yang seharusnya merupakan ruang diskusi ide dan gagasan berubaH menjadi ajang permusuhan. Sehingga Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku mahasiswa multi etnis IAIN Ambon kurang menanamkan perilaku menghargai dan menghormati, toleransi, serta gotong royong masih jauh dari yang dicita-citakan, sehingga prasangka diantara mahasiswa masih sering ditunjukkan dalam aktifitas kesehariannya di kampus. Pola hubungan mahasiswa multi etnis di IAIN Ambon masih terpasung hanya pada kelompok masing-masing, sehingga pola hubungan antar mahasiswa kurang menanamkan sikap tolong menolong dengan baik serta kurang menajalin talisilaturahim dengan mahasiswa multi etnis. Implikasi pendidikan Islam terhadap pembentukan karakter mahasiswa di IAIN Ambon kurang menyentuh terhadap mahasiswa keseluruhan, hampir seluruh pendidikan yang diterapkan di kampus hanya sebatas pengetahuan kognitif atau At-Ta’lim, semata implikasinya mahasiswa tidak manjaga hubungan dengan baik, sering mengabaikan etika dan moral, kurangnya menerapkan hubungan hidup bersama, dan kurangnya kesadaran tentang pentingnya hubungan sesama mahasiswa multi etnis tersebut