EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA DI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang berkenaan dengan Kualitas pembelajaran yang meliputi Kinerja Guru, Fasilitas, Iklim Kelas, Sikap Peserta didik, Motivasi Belajar Peserta didik dari program pembelajaran yang bersangkutan dan kualita out put pembelajaran yang meliputi Kecakapan Akademik, Kecakapan Personal, serta Kecakapan Sosial peserta didik. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model kualitas proses dan kualitas out put pembelajaran, maka penelitian ini mencakup berbagai variable dan indicator yang terkait dengan komponen-komponen kualitas proses dan kualitas out put program pembelajaran yang dievaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, Dengan teknik pengambilan data yaikni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di SMA se Kecamatan Salahutu tidak bisa terlepas dari guru sebagai fasilitator pembelajaran dan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, metode dan sumber belajar, serta media yang digunakan. Kualitas out put Pelaksanaan pembelajaran jika ditinjau dari sisi guru, maka dapat dikatakan bahwa guru mampu menjadi fasilitator untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan menggunakan pendekatan Scientific. Adapun hasilnya terdapat perubahan tingkahlaku terhadap peserta didik antara sebelum dan sesudah pembelajaran.