UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGOMENTARI PERSOALAN FAKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada materi mengomentari persoalan faktual, hal tersebut dilihat dari jumlah 25 siswa hanya 32% yang mencapai nilai KKM. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut sebagai akibat dari masih berlangsungnya proses pembelajaran yang menggunakan model konvensional sehingga siswa jenuh pada saat mengikuti pembelajaran. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan metode poster comment. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dinilai dari keseriusan, kedisiplinan, keaktivan dalam diskusi, menghubungkan materi pembelajaran, dan menyimpulkan pembelajaran pada siklus I dengan jumlah nilai 7935. Ratarata kelas 317, jumlah rata-rata siswa 66,12 dan persentase 66,04% mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah nilai 9250, rata-rata kelas 370, jumlah rata-rata siswa 77,08 dan persentase 77,08%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, hal ini dilihat dari nilai ratarata 68,56 dengan persentase ketuntasan 48% pada siklus I dan nilai ratarata 72,08 dengan persentase ketuntasan 76% pada siklus II. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode poster comment dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual.