Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penggunan model explicit instruction berbantuan media gambar terhadap hasil belajar  siswa pada mata pelajaran IPA 2) mengetahui penerapan model Explicit Instruction berbantuan media gambar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent group design dengan populasi seluruh siswa kelas IV semester genap pada sekolah-sekolah dasar di Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu sebanyak 716. Sampel yang diambil adalah siswa kelas IV A SDN Tenjoayu 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas IV B SDN Tenjoayu 2 sebagai kelompok eksperimen. Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis  uji-t. hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 67 dan nilai rata-rata nilai siswa kelas kontrol 55,75. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan pengujian  berupa uji-t pada taraf signifikan 5% dan diperoleh nilai sebesar 2,342 > 2,021,  hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model explicit instruction berbantuan media gambar dengan kelompok  siswa yang mengikuti pembelajaran dengan  menggunakan model konvensional