Pengembangan Media Pembelajaran Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika materi pengukuran luas bangun datar di MI Nurul Amal Tonjong Kecamatan Walantaka Kota Serang. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran matematika guru belum menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu sehingga siswa merasa bosan dan tidak mampu memahami pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran papan berpaku mata pelajaran matematika pada materi pengukuran luas bangun datar, untuk mendapatkan deskripsi penerapan media papan berpaku pada pembelajaran matematika materi pengukuran luas bangun datar, dan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar dengan menggunakan media papan berpaku. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yang mengacu pada empat tahapan dari model 4-D Thiagarajan, yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate.Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran papan berpaku yang telah di uji kelayakannya oleh dosen ahli dan guru matematika. Kedua, media ini dinilai kelayakannya berdasarkan aspek kesesuaian media pembelajaran dengan materi matematika, kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional dan kualitas teknis. Ketiga, berdasarkan hasil belajar siswa penerapan media papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pengukuran luas bangun datar.