Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Satuan Waktu Menggunakan Model Realistic Mathematics

Abstract

Pembelajaran operasi hitung satuan waktu merupakan salah satu materi pada pelajaran matematika yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan pembelajarannya siswa perlu adanya pembelajaran secara nyata dan dapat dilakukan sesuai teori yang mereka dapat di sekolah. Sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya dibantu dengan menggunakan Model Realisctic Mathematics Education. Model Realistic Mathematics memberikan gambaran yang nyata dalam pembelajarannya. Sehingga anak bisa memahami beberapa teori yang abstrak menjadi lebih nyata. Dalam pelaksanaanya anak diberi kesempatan dalam memecahkan masalah dengan cara mereka tersendiri. Dilanjutkan dengan mendiskusikan hasil para siswa dengan guru. Dari dua siklus yang dilakukan dalam penelitian, terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah obeservasi dan tes.Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, dengan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran operasi hitung satuan waktu melalui model Realistic Mathematics Education sangatlah tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas kegiatan belajar siswa semula pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 67,67, kemudian pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 91,23. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran operasi hitung satuan waktu menggunakan model Realistic Mathematics Education sangat tepat digunakan di SDN Cikolelet Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.