Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Tentang Keliling Dan Luas Bangun Datar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata kelas yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pemahaman konsep dan keterampilan berpikir yang masih kurang dikuasai siswa. Jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perlu diketahui, sehingga kesalahan – kesalahan dapat diperbaiki dan diminimalisirkan, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui langkah langkah siswa dalam mengerjakan soal bangun datar dan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas V SDN Pipitan tahun ajaran 2017/ 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara siswa. Dan untuk wawancara peneliti memilih 5 orang siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan yang dilakukansiswa, yaitu kesalahan penyimpangan teorema atau definisi sebesar 31, 54%, kesalahan data sebesar 33, 17% kesalahan teknis sebesar 20, 32%, dan keslahan penarikan kesimpulan 8, 64%, pada penelitian ini juga ditemukan siswa yang tidak menuliskan jawaban sebesar 6, 30%. Penyebab terjadinya kesalahan – keslahan tersebut adalah siswa tidak hafal rumus, atau tidak mengingat rumus dengan baik, ketidaktelitian siswa dalam membaca soal, ketidaktelitian siswa dalam menghitung, tergesa- gesa, kurang memahami materi, dan kurang berlatih mengerjakan soal- soal cerita.