Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani
Abstract
Permasalahan kurang berminatnya siswa mengikuti mata pelajaran PJOK di kelas V SDIT Al-Hidayah yaitu guru masih menggunakan metode konvensional saat memberikan pemanasan. Dari pembelajaran tersebut siswa kurang berminat untuk mengikuti mata pelajaran PJOK khususnya materi bola voli. Salah satu solusi masalah yang dianggap sesuai dalam pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan permainan kecil dalam pemanasan.Adapun tujuan yang diharapkan yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanasan menggunakan permainan kecil terhadap minat siswa mengikuti mata pelajaranPJOK pokok bahasan Bola Voli, dan mengetahui aktivitas siswa terhadap pembelajaran Penjaskes dengan mengguanakan permainan kecil dalam pemanasan di SDIT Al-Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian control group pre-test-post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa post-test (variabel X) didapatkan kelas eksperimen χ2hitung = 3,71 dan χ2tabel = 11,07048, dan kelas kontrol didapatkan χ2hitung = 6,59 dan χ2tabel = 11,07048 yang menjadikan χ2hitung> χ2tabel, maka sampel dan populasi dari variabel X baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal, dan hasil penelitian terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskes (variabel Y) didapatkan kelas eksperimen hitung = 6,88 dan tabel = 11,07048, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hitung = 3,59 dan tabel = 11,07048, maka dapat dikatakan bahwa sampel dari populasi minat siswa pada mata pelajaran PJOK (variabel Y) juga berdistribusi normal. Kata kunci: Pemanasan, Permainan Kecil, Minat, Bola Voli