UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JARING-JARING BALOK DAN KUBUS MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi prestasi belajar dan aktivitas siswa yang rendah pada mata pelajaran Matematika dengan materi jaring-jaring balok dan kubus di kelas IV SDN Citumenggung 2 Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran Matematika masih menggunakan metode ceramah/konvensional, tidak menggunakan metode dan media yang bervariasi. Penggunaan metode discovery learning diharapkan dapat merubah prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi jaring-jaring balok dan kubusĀ dengan menerapkan discovery learning di kelas IV SDN Citumenggung 2. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada prasiklus (51,10), siklus I (69,53), siklus II (80,31). Sedangkan adanya peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari aktivitas siswa siklus I (75,00%), siklus II (90,62%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan metode discovery learning prestasi belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat.