UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DESIMAL MELALUI METODE OPEN ENDED LEARNING
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah kualitas hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal, menunjukkan hasil yang belum optimal di mana salah satu faktornya adalah penggunaan metode dalam proses pembelajaran yang masih konvensional yaitu hanya menerangkan dengan menggunakan metode ceramah yang membuat anak merasa jenuh dan sulit mengerti, sistem penyampaiannya lebih banyak didominasi oleh guru sehingga siswa bersifat pasif dalam menerima materi pelajaran dan akhirnya siswa merasa malas untuk belajar. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memberikan solusi dengan mencoba menerapkan metode Open-Ended Learning.Penelitian ini menunjukkan bahwa metode open-ended learning pada pembelajaran materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal diterapkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemam-puan, aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Serdang 1 dan me-munculkan ide atau gagasan kreatif siswa dengan menemukan cara/ strategi yang berbeda dalam penyelesaian soal operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata hasil tes kemampuan siswa yang terus meningkat pada setiap siklusnya yaitu, 70,43 pada siklus I menjadi 83,62 pada siklus II.