UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATERI MENYAMPAIKAN KEMBALI ISI PENGUMUMAN YANG DIBACAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE TERSARANG (NESTED)

Abstract

Permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Sirih Lor adalah kurangnya keterampilan siswa dalam kegiatan mendengarkan dan kesulitan dalam menangkap topik yang diajukan oleh guru untuk diceritakan kembali khususnya dalam pembelajaran menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan. Hal tersebut disebabkan penggunaan model pembelajaran yang variatif. Permasalahan  tersebut perlu adanya suatu cara atau model pembelajaran yang dianggap menarik, menyenangkan serta bervariatif sehingga diharapkan terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar keterampilan mendengarkan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar yang awalnya pada prasiklus hanya mencapai nilai rata-rata 42 dan setelah peneliti menggunakan model Pembelajaran Terpadu Tipe Tersarang (nested) siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran khususnya dalam keterampilan mendengarkan. pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 60,90 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilairata-ratanya mencapai 76,81.