UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada Mata Pelajaran IPA di SDN Talagasari I. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dan kegiatannya berpusat kepada guru, akibatnya siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan sehingga hasil belajar siswa tidak memuaskan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil lembar kerja siswa berupa tugas proyek, lembar observasi guru dan siswa, tes dan dokumentasi. Pembelajaran dengan menggunakan metode Project Based Learning yang diterapkan pada penelitian ini yaitu pembelajaran yang menekankan siswa pada tugas proyek. Setelah menerapkan metode Project Based Learning pada mata pelajaran IPA materi Energi Bunyi dan sifat-sifatnya memberikan dampak positif dan terlihat hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I ketuntasan siswa mencapai 70,00% dari target indikator pencapaian materi yang ditetapkan yaitu 75% dengan KKM 65 dan meningkat pada siklus II menjadi 90,00%.