UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI KEGUNAAN AIR BAGI MANUSIA MELALUI MODEL CONTEKTUAL TEACHING LEARNING

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam mengikuti pelajaran IPA di kelas V hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa hanya menerima informasi langsung dari guru dan kurang mendapatkan kesempatan untuk lebih aktif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi kegunaan air bagi manusia di kelas V SDN2 Penggalang dengan menggunakan model Contektual Teaching Learning (CTL). Hasil penelitian tindakan kelas dapat di simpulkan sebagai berikut: Hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata pra siklus sebelum menggunakan model pembelajaran CTL sebesar 48,12 dengan persentase ketuntasan 12,5%, siklus I setelah menggunakan model CTL meningkat menjadi 53,13 dengan persentase ketuntasan 37,5% dan siklus II meningkat menjadi 77,19 dengan persentase ketuntasan 87,5%. Sedangkan untuk aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan CTL aktivitas lebih aktif dan efektif dalam proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada tabel aktivitas siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 75 % atau masuk ke kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 90% atau ke kategori sangat baik. Selain terjadi peningkatan pada aktivitas siswa, aktivitas guru mengalami peningkatan hal ini terlihat pada siklus I yaitu memperoleh 70,6% dan pada siklus II memperoleh 94,12%.