UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI TUMBUHAN HIJAU MELALUI METODE EKSPERIMEN

Abstract

Proses Pembelajaran IPA di kelas V SDN Kesabilan masih menggunakan metode yang konvensional, dan pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya antusias pada saat menerima pembelajaran, serta tidak menggunakan alat atau media dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu hasil belajar siswa tidak tercapai sesuai dengan KKM yang ditentukan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Eksperimen dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Kesabilan pada materi tumbuhan hijau dengan menggunakan metode eksperimen. Metode Eksperimen merupakam suatu cara mengajar dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati proses serta menuliskan hasil percobaanya, kemudian hasil pengamatan disampaikan dan dievaluasi dengan teman-temanya. Metode ini yang bertujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan permasalahan serta menjawab persoalan-persoalan yang dihadapinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Eksperimen mengalami peningkatan. Pada tahap siklus I persentase ketercapaian hasil belajar siswa mencapai 27.77%, dan pada persentase ketercapaian hasil belajar siklus II meningkat menjadi 75%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode Eksperimen pada pelajaran IPA materi tumbuhan hijau dapat meningkatkan hasil belajar siswa.