UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEMESTER II SDN 8 MONTONG BAAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswakelas III, Semester II SDN 8 Montong Baan, Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas III, semester 2 SDN 8 Montong Baan, TahunPelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri atas12 siswa laki-lakidan 14 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan penelitian ini terdiri atas duasiklus.Tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan evaluasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah observasi, angket/tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamatijalannya proses tindakan yang dilakukan. Angket/tes digunakan untuk mengetahuihasil belajar yang dicapai. Dokumentasi digunakan untuk bahan penunjang prosespembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesiamateri menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan katadan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dantanda titik pada siswa kelas III semester 2 SDN 8 Montong Baan, Tahun Pelajaran2014/2015 sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikan denganpersentase keberhasilannya adalah 19%. Setelah dilakukan tindakan penggunaan mediagambar berseri, hasil belajar para siswa tergolong sangat baik. Hal ini terbukti denganpersentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 57,69%dengan kriteria baik dan siklus 2 adalah 84,61% dengan kriteria sangat baik.