PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KREDIBELITAS KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PROFESIONALNYA

Abstract

Kinerja guru sering kali dipengaruhi oleh pola kepemimpinan kepala sekolah. Sedangkan kepala sekolah, dalam bersikap dan berkomunikasi, juga sangat dipengaruhi oleh faktor internal pribadinya maupun faktor eksternalnya. Dalam setiap sikap dan pola komunikasi yang digunakan oleh kepala sekolah akan memunculkan persepsi dari masing-masing guru yang akan memunculkan sikap lebih lanjut. Dalam penelitian ini, studi kasus dilakukan terhadap guru-guru MA Darul Falah Batam dengan fokus pada pengaruh persepsi guru tentang kredibelitas kepala sekolah dalam peningkatan kinerjanya dengan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian, para guru masih memberikan nilai bagus atas kredibelitas kepala sekolah. Sedangkan sebagian kecilnya saja yang menyatakan tidak kredibel dan tidak tahu. Kepercayaan itu terbangun karena pola komunikasi dan gaya kepemimpinan kepala sekolah yang mampu berberikan dampak positif terhadap persepsi guru. Sedangkan terkait kinerja pada guru masih menunjukan profesionalitasnya yang dibuktikan dengan beberapa prestasi dari sekolah tersebut. Dalam penelitian ini juga terungkap bahwa persepsi dan kinerja tidak sepenuhnya karena faktor kepemimpinan dalam manajemen, melainkan juga faktor psikologis dan komunikasi yang turut membantu membangun persepsi terebut.