Pembelajaran Mahārat al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah

Abstract

Many experts about Arabic argue about the nature of language which will have an impact on the pattern of learning Arabic, including that اللغة في الأساس, هي الكلام” According to Mahmud Kamil al-Nâqah the urgency of speaking skills in the context of learning foreign languages ​​is found in the oral aspects of the language itself. The speaking aspect is the main aspect of the foreign language learning curriculum. This opinion clearly indicates that speaking skills (kalām) indicate a person's success in speaking and knowing the language. Because this proficiency is very much related to pronunciation, grammar, vocabulary, listening skills, etc. This research uses descriptive analysis method, and the conclusions obtained based on this research are curriculum design for learning Arabic based on mahārat al-kalām learning theory according to Rusdy Ahmad Thu'aimah and Mahmud Kamil al-Nâqah. Then the use of methods and strategies or techniques based on the right approach will influence the results of language learning goals. The purpose of this study is to analyze the learning of mahārat al-kalām according to Rusdy Ahmad Thu’aimah and Mahmud Kamil al-Nâqah. Abstrak Banyak para ahli tentang bahasa Arab berpendapat tentang hakikat berbahasa yang akan berdampak pada pola pembelajaran bahasa Arab, diantaranya bahwa  “اللغة في الأساس, هي الكلام”. Menurut Mahmud Kamil al-Nâqah urgensi kemahiran berbicara dalam konteks pembelajaran bahasa Asing terdapat pada aspek lisan pada bahasa itu sendiri. Aspek berbicara merupakan aspek utama dalam kurikulum pembelajaran bahasa Asing. Pendapat ini jelas mengindikasikan bahwa kemahiran berbicara (kalām) mengisyaratkan keberhasilan seseorang dalam berbahasa dan mengetahui bahasa tersebut. Karena kemahiran ini sangat terkait dengan pelafalan, gramatika, kosakata, keterampilan mendengarkan, dan lain lain. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, dan kesimpulan yang didapatkan berdasarkan penelitian ini berupa desain kurikulum pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori pembelajaran mahārat al-kalām menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah. Maka Penggunaan metode dan strategi atau teknik yang didasari oleh pendekatan (approach) yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil dari tujuan pembelajaran bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran mahārat al-kalām menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, mahārah kalām, Rusdy Ahmad Thu’aimah, Mahmud Kamil al-Nâqah.