Identitas Bekasi dalam Akun Media Sosial Komunitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akun media sosial instagram komunitas  mengkonstruksi, mengingatkan dan memberi tahu identitas kota bekasi bahwa "inilah bekasi" dengan memunculkan tengara kota Bekasi di dalam akun instagramnya. Selain menjadi komunitas yang mengeksplorasi tentang bekasi, kriteria foto-foto seperti apa dipilih untuk ditampilkan dalam akun instagram komunitas kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi, analisis wacana dan juga analisis visual, dimana hasil temuan data akan dideskripsikan dan kemudian ditinjau kembali untuk dianalisis dari pengamatan lapangan, proses wawancara, dan penelusuran pustaka. Rencana yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan studi kajian budaya khususnya tentang studi kota dan media sosial. Penelitian berusaha untuk membuktikan bahwa ada kontestasi identitas kota dalam berbagai akun media sosial instagram yang berbeda dengan visi identitas kota yang dimunculkan oleh pemerintah kota Bekasi.