PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 GALESONG SELATAN KAB. TAKALAR

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Galesong Selatan yang berjumlah 213 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII. A sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah skala minat belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran card sort dan make a match di kelas VIII berjalan dengan baik. Rata-rata skor aktifitas guru dan siswa pada model pembelajaran card sort di kelas eksperimen I adalah 84,83% dan 85,66%. Sedangkan rata-rata skor aktifitas guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran make a match di kelas ekperimen II adalah 88,16% dan 86. Hal ini memberikan makna bahwa penerapan model pembelajaran card sort dan make a match pada kelas VIII SMP Negeri III Galesong Selatan pada kategori baik.