STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMPN DI WATAMPONE

Abstract

Terciptanya jalinan komunikasi yang harmonis menjadi indikator suatu aktivitas atau proses pembelajaran itu berjalan dengan baik. Proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik, manakala seorang guru mampu mengubah diri dan kesadaran siswa untuk belajar, sehingga pengalaman yang diperolehnya selama ia terlibat di dalam proses pembelajaran itu, dapat dirasakan manfaatnya secara langsung bagi perkembangan dirinya. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif. Penelitian ini disebut eksplanatif, karena login menggambarkan dan menjelaskan hubungan antar gejala atau antar fenomena atau variabel. Multiple intelligences atau disebut juga kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk diklasifikasikan menjadi tiga kecerdasan yang harus dikembangkan oleh manusia yaitu IQ (kecerdasan intelektual), EQ (kecerdasan emosional), dan SQ (kecerdasan spiritual). Strategi multiple intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone adalah suatu strategi pembelajaran yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone dengan memperhatikan keunikan pada diri siswa melalui berbagai potensi atau kecerdasan yang dimiliki siswa dan berbagai variasi cara belajar siswa. Implementasi strategi multiple intelligences dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone terfokus pada strategi kecerdasan linguistik/verbal,logis-matematis, visual-spasiaL kinestetik/jasmaniah, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan spiritual.