PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN MATA PELAJARAN FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIIPADA MTs PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQAA BENTENG
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII pada MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa, Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini didesain dengan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa yang berjumlah 223 orang, dengan pengambilan sampel peserta didik hanya 30 orang dengan teknik stratified random sample (pengambilan sampel acak bertingkat). Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner(angket) dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriktif dan analisis inferensial regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 21.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriktif bahwa penerapan pembelajaran jigsaw kelas VII MTs diperoleh nilai rata-rata 27.90 dengan standar deviasi 5,074, dan skor tertinggi 36, serta skor terendah 15 dan untuk pemahaman fiqih peserta didik pada saat penerapan pembelajan jigsaw di kelas VII MTs diperoleh nilai rata-rata 78,63 dengan standar deviasi 0,490 dan nilai tertinggi 79 serta nilai terendah 78. Adapun hasil uji analisis korelasi hipotesis diperoleh sig= 0136 > a = 0,05, maka Ho diterima, artinya hipotesis tidak terbukti yaitu tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VII MTs. pada MTs Pondok Pesantren al-Urwatul Wutsqaa Benteng kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang.