KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN IMPLEMENTASINYA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi KTSP pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi KTSP pada Madrasah Alaiyah Negeri di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalag kualitatif dengan sampel dipilih secara purposive. Hal penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi KTSP pada MAN di Kota Makassar dapat dilihat dari 3 hal yaitu eksistensi KTSP pada MAN di kota Makassar apabila dilihat dari segi keberadaan dokumne KTSP baik dokumen I maupun II, semua MAN di Kota Makassar sudah memiliki dokumen KTSP, meskipun dokumen yang disusun tersebut belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman penyusunan KTSP dari BSNP. Keberadaan dokumen di madrasah masih mengadopsi contoh KTSP yang diperoleh dari hasil foto copy dengan sekedar mengubah bagian-bagian tertentu sehingga dokumen yang dimiliki masih pada batas pemenuhan kelengkapan administrasi madrasah.ABSTRACTThis research focuses on the existence of KTSP at State Islamic Senior High School (Madrasah Aliyah Negeri-MAN) in Makassar. The purpose of this research is to describe the implementation of KTSP at Madrasah Aliyah Negeri in Makassar. This is a qualitative research using purposive sampling method. The result shows that the level of KTSP implementation at MAN in Makassar may be described from three perspectives; by looking at the existence of KTSP at MAN in Makassar, both document I and II, it can be concluded that all of MANs in Makassar have KTSP documents, even though the documents are arranged and filled out without fully adopting and following the guidelines and procedures of KTSP from BSNP. The presence of the documents at MAN is basically adopting the examples of KTSP by merely changing certain parts. This shows that the existing documents of KTSP at MANs in Makassar are simply prepared to complete the administrative documents of MAN.