ANALISIS PEMASARAN BERAS MERAH DI KELURAHAN KARYA BARU KECAMATAN SORAWOLIO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)sistem pemasaran beras merah di Keluarahan Karya Baru, (2) besar biaya, margin dan keuntungan yang diterima oleh tiap lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran beras merah dan (3) untuk mengetahui sistem pemasaran yang efisien dilakukan oleh lembaga pemasaran di Keluarahan Karya Baru.Populasipenelitian adalah keseluruhan petani yang mengusahakan beras merah yang berjumlah 22 petani. Penentuan responden dilakukandengan metodesensus dengan mengambil keseluruhan petani yang berjumlah 22 petani responden. Penentuan sampel pedagang dengan metode Snowbell sampilngsehingga diperoleh pedagang pengumpul Desa sebanyak dua orang dan pedagang pengecer kota Baubau dua orang.PadasaluranpemasaranpolaI diperoleh margin pemasaranditingkatpedagangpengumpulkelurahansebesar Rp2.500/kg,biaya yang dikeluarkansebesar Rp 160/kg, keuntungan yang diterimasebesarRp 2.340/Kg. Margin pemasaranpadapedagangpengecersebesar Rp 2.000/kg, biayasebesar Rp 100/kg dankeuntungan yang diterimasebesar Rp 1900/kg.Padasaluranpemasaranpola II, margin pemasaranditingkatpedagangpengecersebesar Rp 3.000/kg, biaya yang dikeluarkansebesar Rp 200/kg, keuntungan yang diterimasebesar Rp 3.800/kg.NilaiEfisiensipemasaranSaluranpemasaranpola I sebesar 71,5% dansaluranpemasaran pola II sebesar 75%. Sehingga sistem pemasaranberas di KelurahanKaryaBarudikatakanefisien.