PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH DAN KEEFEKTIFANNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN REFLEKTIF

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD biologi berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan, yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi di SMA N 4 Magelang dan mengetahui efektifitas LKPD yang dikembangkan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan reflektif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model Borg & Gall melalui tujuh tahapan, yaitu (1) penelitian pendahuluan,  (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) melakukan uji coba kelompok kecil, (5) melakukan revisi terhadap produk utama, (6) melakukan uji coba lapangan, dan (7) revisi produk berdasarkan uji coba lapangan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Magelang. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dan tes Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD biologi berbasis masalah yang dikembangan ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan yang di validasi oleh teman sejawat, ahli, dan guru biologi menunjukkan bahwa secara keseluruhan dikategorikan baik dan LKPD biologi berbasis masalah yang dikembangkan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan reflektif peserta didik hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil kemampuan berpikir kreatif dan reflektif yang diperoleh antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.