PENGGUNAAN MEDIA SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS VII B SMP N 1 TURI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebelum menggunakan media surat kabar dan setelah menggunakan media surat kabar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Turi tahun pelajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, tes tertulis, dan narasi angket. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada Kemmis dan Mc.Taggart, yaitu dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflektion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi peserta didik kriteria sangat aktif dan aktif yang awalnya 9% pada pra siklus (sebelum menggunakan media surat kabar) bertambah menjadi 87% pada siklus II (setelah menggunakan media surat kabar). Hasil belajar peserta didik kriteria cukup, baik, dan sangat baik (nilai hasil belajar > 65) pun naik, dari awalnya 9% pada pra siklus bertambah menjadi 97% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media surat kabar mampu meningkatkan motivasi belajar dan berpengaruh pada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn.