PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAHLUK HIDUP

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Tebelian melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB serta Guru Bidang Studi Biologi Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Tebelian. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu: lembar observasi, hasil tes (pilihan ganda), dan lembar angket. Hasil penelitian: hasil observasi siswa  siklus I pertemuan I Ya sebesar 50% Tidak 50%; hasil observasi siswa siklus I pertemuan II Ya 60% Tidak 40%;rekapitulasi siklus I Y 55% Tidak 45%. Hasil observasi siswa  siklus II pertemuan I Ya sebesar 80% Tidak 20%; hasil observasi siswa siklus II pertemuan II Ya 90% Tidak 10%;rekapitulasi siklus I Y 85% Tidak 15% Peningkatan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 30%. Aktivitas Guru siklus I pertemuan 1 Y 64,28% Tidak 35,72%; pertemuan II Y 78,57% Tidak 21,43%; siklus II pertemuan 1 Y 78,57% Tidak 21,43%; pertemuan II Y 85,71% Tidak 14,29%. Hasil belajar siswa siklus I nilai tertinggi 86; nilai terendah 33; rata-rata 61,48; ketuntasan klasikal 58,62% Hasil belajar siswa siklus II nilai tertinggi 93; nilai terendah 53; rata-rata 72,20; ketuntasan klasikal 89,65%. Hasil angket diketahui 87,59% siswa menjawab “Ya” dengan kereteria sangat baik, sementara yang menjawab “Tidak” 12,41% dengan kereteria kurang. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIIB SMP N 3 Sei. Tebelian pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makluk Hidup tampak dari hasil observasi.