PERBANDINGAN KORELASI IDENTIFIKASI MISKONSEPSI TEORI EVOLUSI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DAN BIOLOGI

Abstract

Miskonsepsi adalah salah satu fenomena pendidikan yang sampai saat ini menjadi masalah utama pada berbagai tingkat pendidikan di dunia. Masalah ini dapat menghambat proses asimilasi pengetahuan baru peserta didik. Salah satu materi yang rentan terhadap terjadinya miskonsepsi adalah teori evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan korelasi identifikasi miskonsepsi teori evolusi dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan fisika dan pendidikan biologi. Data miskonsepsi didapatkan dari skor pada angket dan tes tertulis yang telah diisi oleh mahasiswa. Pada penelitian ini, angket beserta rubrik yang digunakan adalah Measure of Acceptance of the Theory of Evolution (MATE). Tes tertulis berupa essay yang penskorannya mengacu pada level kognitif C2 hingga C5 Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson & Krathwohl. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pada kelas pendidikan fisika, identifikasi miskonsepsi hanya memberikan sumbangan sebesar 16,2% dalam menjelaskan pencapaian hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak diteliti; 2) pada kelas pendidikan biologi, identifikasi miskonsepsi memberikan sumbangan sebesar 41,5% dalam menjelaskan pencapaian hasil belajar. Kata kunci: Identifikasi miskonsepsi, teori evolusi, hasil belajar