PENGUKURAN RANAH PSIKOMOTORIK MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP JATIAGUNG SIDOARJO

Abstract

Ranah psikomotor adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak. Teori ini didasarkan pada teori tiga ranah Bloom, yaitu, Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah psikomotorik sebagai skill yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah ranah psikomotorik atau ranah kemampuan bertindak yang diukur setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. cara pengukuran hasil belajar psikomotor dalam penelitian ini menggunakan, 1. Pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, 2. Sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai. Dari pengamatan tersebut diperoleh hasil bahwa siswa/i SMP Jatiagung al Qodiriy dapat menyerap mata pelajaran fiqih dengan baik dan dapat mengimplementasikannya sesuai pengetahuan yang diberikan secara teoretik kognitif.