PENDIDIKAN KARAKTER: KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ATAU MADRASAH

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan karakter secara terpadu bisa dibenarkan karena sejauh ini muncul keyakinan bahwa anak akan tumbuh dengan baik jika dilibatkan secara alamiah dalam proses belajar. Terdapat enam cirri pendidikan terpadu (1) students centered; (2) inquiry; (3) pemisahan bidang studi tidak begitu jelas; (4) menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam suatu proses pembelajaran; (5) dinamis, dan (6) hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik. Integrasi pembelajaran dapat dilakukan dalam substansi materi, pendekatan, metode, dan model evaluasi yang dikembangkan. Pada prinsipnya semua mata pelajaran dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan semua karakter peserta didik, namun agar tidak terjadi tumpang-tindih dan terabaikannya salah satu karakter yang akan dikembangkan, perlu dilakukan pemetaan berdasarkan kedekatan materi dengan karakter yang akan dikembangkan.Dari segi pendekatan dan metode meliputi inkulkasi (inculcation), keteladanan (modeling,qudwah), fasilitasi (facilitation), dan pengembangan keterampilan (skill building). Dalam pendidikan karakter, pemodelan atau pemberian teladan merupakan strategi yang biasa digunakan.