Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Akhlak

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Classroom Action Research (CAR) yang disusun dengan jenis metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan checklist, lembar observasi, kuisioner, tes, dan dokumentasi.  Keabsahan data ditentukan dengan penelitian langsung yakni praktek Quantum Teaching dikelas VIII putra hingga siklus tiga, nilai evaluasi pembelajaran akhlak dengan Quantum Teaching.   Pertama Aplikasi teknik Quantum Teaching dalam pembelajaran Akhlak di SMP Jati Agung Sidoarjo memberikan sumbangsih inovasi pembelajaran yang baru karena peneliti juga membuat RPP pola Quantum Teaching yang terintegritas didalam TANDUR. Kurikulum di SMP Jati Agung Islamic Fullday School Sidoarjo memadukan kurikulum Kemendiknas dan Kemenag sehingga pelajaran Agama lebih dikenal dengan Akhlak. metode dan instrumen pendidikan yang mencakup seluruh aspek kehidupan para murid dan guru-guru setiap hari  diprogram dengan matang dan disusun dengan baik dalam bentuk integrated curriculum (kurikulum terpadu) yang tidak dapat dipilah-pilah dan berlangsung selama 10 jam sepanjang hari.  Kedua Kendala aplikasi teknik Quantum Teaching dalam pembelajaran Akhlak di SMP Jati Agung Islamic Fullday School Sidoarjo. Adapun kendala dalam proses pembelajaran akhlak dengan konsep Quantum Teaching kelas yang dibawah luas standar kemendiknas yakni 6X7, jumlah siswa yang melebihi ideal 35 0rang pada pertemuan pertama murid baru mengenal Quantum Teaching, perkenalan yang kurang sehingga kurang interaktif dalam proses pembelajaran, dan sedikitnya motivasi murid dalam belajar karna pembelajaran sebelumnya menggunakan metode tradisional. Akan tetapi, setelah pertemuan kedua dan ketiga mulai muncul rasa keingintahuan dan antusias murid dalam belajar akhlak dengan teknik Quantum Teaching.   Kata kunci:  Quantum teaching, integrated curriculum, akhlak