Mengembangkan Soft Skill Siswa dalam Pembelajaran dengan Metode Permainan Media Gambar pada Kelas I MI Al Fithrah Surabaya
Abstract
Soft skill merupakan kemampuan yang diperlukan untuk menjadi sukses. Dalam pembelajaran guru dapat mengembangkan soft skill siswa dengan menerapkan metode permainan menggunakan media gambar. Hal ini diasumsikan bahwa metode permainan merupakan sebuah kegiatan yang tidak akan pernah tertolak oleh siswa dengan kegiatannya yang menyenangkan serta media gambar yang secara praktis dapat menarik perhatian siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindak Kelas (PTK) secara kolaboratif dengan dua siklus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan pada jumlah siswa setelah diterapkannya metode permainan media gambar terhadap soft skill siswa di dalam pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa komponen manajemen waktu memperoleh 15% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 42%, berpikir kreatif memperoleh 12% pada siklus I meningkat menjadi 76% pada siklus II, karakter transformasi yang pada siklus I memperoleh 9% meningkat di siklus II menjadi 45%, kemampuan memotivasi pada siklus I memperoleh 6% kemudian di siklus II meningkat menjadi 52%, kemampuan memimpin dari siklus I yang memperoleh 6% meningkat pada siklus II menjadi 15%, dan kemampuan berbicara di depan umum memperoleh 12% pada siklus I meningkat di siklus II menjadi 39%. Kata Kunci: Soft Skill, Permainan, Media Gambar