Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa MI/SD
Abstract
Pembelajaran IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Selain itu pribadi siswa sebagai makhluk sosial perlu dilatih agar memiliki keterampilan sosial yang tinggi demi pencapaian tujuan pembelajaran. Keterampilan sosial merupakan kemampuan individu dalam bentuk perilaku yang mendukung kesuksesan hubungan sosial dan membantu seseorang menyesuaikan diri serta memungkinkan individu untuk bekerja bersama dengan orang lain secara efektif. Salah satu model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dalam model pembelajaran kooperatif tipe STAD skor kemajuan individu dan kelompok akan sangat berpengaruh terhadap prestasi kelompok. Gagasan utama di belakang STAD adalah memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan guru. Hal ini akan membuat siswa menjadi semangat untuk belajar agar mampu menambah poin kelompok dan membantu teman sekelompok jika belum menguasai bahan yang diajarkan oleh guru. Apabila setiap hari mereka melakukan hal ini maka akan terbentuk keterampilan sosial yang bagus. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keterampilan Sosial