Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Mikrajussibyan NW Selanglet Desa Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menggambarkan, mengungkapkan dan menjelaskan dua hal yaitu Implementasi visi, misi, Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Mikrajussibyan NW  Selanglet dan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Mikrajussibyan NW Selanglet. Adapun Metode pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang terkumpul melalui teknik tersebut diorganisasi, ditafsirkan, dan dianalisis secara berulang-ulang sesuai dengan pendekatan yang digunakan guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, pengecekan anggota, dan diskusi teman sejawat sedangkan kebergantungan (dependability) dan kepastian (compermability) dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala Madrasah Tsanawiyahh Satu Atap Mikrajussibyan NW Selanglet, mengimplementasikan visi misinya dengan mendorong segenap komponen madrasah untuk bekerjasama mewujudkan visi misi madrasah. Adapun cara Kepala Madrasah mendorong segenap komponennya adalah, dengan mengarahkan semua komponen untuk memiliki budaya-budaya unggul dan islami, menjadikan visi madrasah sebagai alat untuk mengarahkan haluan dan tujuan madrasah, mewujudkan standar nasional pendidikan, memahami dan menjiwai visi misi madrasah, menjadikan misi madrasah sebagai penjabaran visi untuk mewujudkan tujuan madrasah, Mengupayakan agar misi Madrasah tetap sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi, menjadikan misi  sebagai pendorong untuk menggali potensi, kreasi, dan inovasi yang  dimiliki warga Madrasah demi terwujudnya tujuan.