ANALISIS MULTIDIMENSIONAL PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DAN DAMPAKNYA BAGI SIKAP KEAGAMAAN SISWA MADRASAH ALIYAH BENGKULU SELATAN
Abstract
Keberhasilan pembelajaran tidak terlepas dari berbagai komponen yang menjadi pendukung dalam pembelajaran, dimana komponenĀ pendukung tersebut sudah semestinya dibuat dengan baik. Demikian juga dalam proses pembelajaran yang seharusnya menarik, agar siswa dapat memahami pembelajaran. Sikap siswa yang kurang baik salah satu faktornya dapat disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa akan materi pembelajaran akidah akhlak. Bila siswa memahami dengan baik, tentunya akan berdampak pada sikap siswa itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah mixed methods (penelitian campuran) kualitatif-kuantitatif, dengan sequential exploratory designs, yaitu pengumpulan data kualitatif dilakukan pertama kali dan dianalisis, kemudian data kuantitatif dikumpulkan dan dianalisis. Metode iniĀ dengan bobot metode kualitatif lebih tinggi daripada kuantitatif (QUAL + quan). Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket, dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif dan teknik analisis isi untuk dokumen. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui dampak pembelajaran aversion therapy dan modelling bagi sikap keagamaan siswa Madrasah Aliyah Bengkulu Selatan.